Sabtu, 27 Desember 2014

Augmented Reality

          Augmented Reality (AR) adalah variasi Virtual Environment (VE) atau lebih sering disebut Virtual Reality (VR). Augmented Reality adalah mengambil digital atau komputer dihasilkan informasi, apakah itu gambar, audio, video, dan sentuhan atau haptic sensasi dan overlaying mereka dalam lingkungan real time. AR secara teknis dapat digunakan untuk meningkatkan seluruh panca indera, tetapi penggunaannya sekarang yang paling umum visual. AR memungkinkan pengguna untuk melihat dunia nyata, dengan obyek maya melapisi objek dalam dunia nyata [4].
            Istilah Augmented Reality(AR) digunakan untuk menggambarkan kombinasi teknologi yang memungkinkan  pencampuran konten nyata yang dihasilkan komputer dengan hidup menampilkan video. Augmented Reality(AR) berbeda dengan Virtual Reality(VR). VR menciptakan lingkungan 3D yang lengkap, mendalam, dan AR menggunakan berbagai teknologi perangkat keras untuk membuat beranotasi pada kata nyata [5].
            Augmented Reality ( AR ) disebut realitas tertambah adalah teknologi yang menggabungkan benda maya dua dimensi ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut dalam waktu nyata ( real-time ). Benda-benda maya berfungsi menampilkan informasi yang tidak dapat di terima oleh manusia secara langsung. Hal ini membuat realitas tertambah berguna sebagai alat untuk membantu persepsi dan interaksi penggunanya dengan dunia nyata. Informasi yang ditampilkan oleh benda maya membantu pengguna malaksanakan kegiatan-kegiatan dalam dunia nyata. Ada tiga prinsip daru Augmented Reality. Yang pertama yaitu AR merupakan penggabungan dunia nyata dan vitual, yang kedua berjalan secara interaktif dalam waktu nyata ( real-time), dan yang ketiga terdapat integrasi antar benda dalam tiga dimensi, yaitu benda maya terintegrasi dalam dunia nyata.
            Augmented Reality (AR) adalah bidang yang cukup baru, tetapi masih besar. tidak memiliki pangsa pasar yang sangat besar, dan sebagian besar aplikasi yang saat ini hanya keluar dari prototyping. Hal ini membuat Augmented Reality (AR) sangat diantisipasi dan belum dimanfaatkan ceruk. ada sangat sedikit aplikasi yang menerapkan teknologi AR di Android market sekarang.

Contoh Penerapan Augmented Reality
Bidang-bidang yang pernah menerapkan teknologi Augmented Reality adalah:

a.       Kedokteran (Medical)
Teknologi pencitraan sangat dibutuhkan di dunia kedokteran, seperti  misalnya, untuk simulasI operasi, simulasi pembuatan vaksin virus, dll.

b.      Hiburan (Entertainment)
Augmented Reality sekarang sudah dipakai di dunia entertainment.  Bentuknya beragam, ada yang dipakai untuk efek perfilman, permainan  untuk di smartphone, majalah, dll .

c.       Latihan Militer (Military Training)
Militer telah menerapkan Augmented Reality pada latihan tempur  mereka. Sebagai contoh, militer  menggunakan Augmented Reality untuk  membuat sebuah permainan perang dimana prajurit masuk kedalam  dunia game tersebut dan seolah-olah seperti melakukan perang  sesungguhnya.

d.      Engineering
Biasanya Augmented Reality digunakan untuk latihan para Engineer untuk bereksperimen. Misalnya ahli Engineering Mesin menggunakan  Augmented Reality untuk memperbaiki mobil yang rusak.

e.       Robotics dan Telerobotics
Dalam bidang robotika, seorang operator robot menggunakan pencitraan  visual dalam mengendalikan robot itu.

f.       Consumer Design
Virtual Reality telah digunakan dalam mempromosikan produk. Sebagai  contoh, seorang pengembang menggunakan brosur virtual untuk  memberikan informasi yang lengkap secara 3D, sehingga pelanggan  dapat mengetahui secara jelas produk yang ditawarkan.

            Dari uraian diatas, dapat disimpulkan bahwa sekarang terdapat teknologi yang  sedang berkembang pesat yang disebut Augmented Reality. Saat ini kita telah dapat merasakan teknologi Augmented Reality yang dimana mengubah bidang 2D menjadi 3D. Banyak manfaat yang bisa di dapat dari Augmented Reality. Diantaranya pada bidang entertainment, pendidikan, kedokteran, militer, dan advertising.

sumber: Sood, Raghav. 2012. Pro Android Augmented Reality. New York: Apress.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Implementasi Komputasi Modern di Bidang Ekonomi

Mata Kuliah: Pengantar Komputasi Modern Kelas: 4IA15 Nama Kelompok: 1. Aisyah Suprih Asmoro (50411484) 2. Intan Octaviani (53411645) 3...