Senin, 07 April 2014

T3 Water Modelling - Desain Pemodelan Grafik (Bab IV)

BAB IV 
KASUS DAN CONTOH PENERAPAN PERANGKAT LUNAK
UNTUK WATER MODELLING

Pemanfaatan dalam sebuah software yang kita gunakan dalam pembuatan sebuah water modeling sama halnya yang terjadi dalam kehidupan nyata kita sehari hari. Dari penggunaan software ini dalam water modeling ini kita dapat membuat percobaan atau analisis bagaimana air itu menempati ruangnya, dan ketika ada sebuah penghalang bagaimana air itu akan bereaksi atau bergerak menabrak penghalang tersebut. Lalu ketika air dalam sebuah wadah gelas atau wadah lainnya, akan dijatuhkan sebuah benda maka reaksi atau hal apa yang akan terjadi pada air tersebut setelah benda masuk ke dalam air. Selain itu penggunaan perangkat lunak ini kita dapat melihat hal yang terjadi jika sebuah air di beri sinar. Di lihat dari dalam air atau dilihat dari luar air. Pada software ini kitapun dapat membuat sebuah gelompang atau ombak- ombak air laut seperti yang ada di dunia nyata kita, rintik – rintik titik air hujan yang turun dari langit pun kita bisa menggunakannya dengan perangkat lunak ini.

Dalam sebuah kasus kita dari tim penulis membuat sebuah contoh penginplementasian water modelling dengan menggunakan software Blender. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini

langkah pertama jalankan software Blender pada komputer anda, tampilan awal akan terlihat gambar cube atau kubus, pada tutorial ini saya akan menggunkan cylinder. Hilangkan gambar cube dengan menekan x yang berarti delete, lalu masukan objek cylinder.

Bentuk cylinder seperti bentuk dibawah ini dengan menggunakan shortcut s-z artinya merubah posisi pada sumbu z. cylinder pertama.

Besarkan ukuran objek dengan menekan s lalu tarik kursor, akan terlihat seperti gambar dibawah ini Tambahkan kembali objek yang sama simpan didalam cylinder pertama.

Tampilan cylinder kedua terlihat seperti gambar dibawah, tarik garis pada panah maka objek akan berpindah posisi keatas.cylinder kedua ini berada didalam cylinder pertama.


Pada cylinder kedua besarkan ukuran tetapi tidak melebihi cylinder pertama. Perintah membesarkan objek dengan menekan s tarik kursor.
 
tampilan cylinder kedua diperbesar.
Pada objek cylinder bagian dalam atau cylinder bagian dua gunakan perintah seperti dibawah, pada perintah dibawah cylinder kedua digunakan sebagi fluid.

Pada cylinder pertama atau objek bagian luar buat perintah fluid dengan domain.

Tunggu hingga proses fluid selesai, terlihat pada lingkaran merah, seperti gambar dibawah.

 
Tampilan saat fluid dijalankan

Untuk melihat sisi pada saat di render gunakan camera dan lamp, terlihat pada bentuk yang berwarna hitam, fungsi camera untuk menyorot sisi yang ingin kita lihat dan fungsi lamp untuk memberi cahaya agar saat dilihat tampak terang dan sisinya terlihat.

Tampilan dibawah saat posisi dirender.

Untuk cylinder yang tidak dijadikan fluid atau cylinder pertama akan dibuat transparan. saat proses render nantinya cylinder ini tidak terlihat.
Tampilan dibawah merupakan proses render dimana cylinder dibuat transparan.


Sekarang saatnya merubah warna pada tumpahan air yang kita buat sesuai dengan warna air.

perintah pada transparancy masih pada perintah sebelumnya.

Membuat background dengan gradasi biru putih
 

Tarik panah biru keatas hingga tampilan seperti dibawah, posisi cylinder naik keatas sesuai sumbunya

Proses rendering, untuk proses ini cukup lama, sebaiknya menunggu hingga proses selesai.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Implementasi Komputasi Modern di Bidang Ekonomi

Mata Kuliah: Pengantar Komputasi Modern Kelas: 4IA15 Nama Kelompok: 1. Aisyah Suprih Asmoro (50411484) 2. Intan Octaviani (53411645) 3...